Trending

Kenali Macam-macam Area Suntik

Swamedikasi Diare

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

INFORMASI OBAT: GOLONGAN PENGHAMBAT KANAL KALSIUM ATAU CALCIUM CHANNEL BLOCKER (CCB)

Profile image example

Nadiya Nurul ( Administrator )

Artikel

Update COVID 19: Indonesia berhasil produksi Anti Virus Corona (??)

Balitbangtan Kementan bersama dengan salah satu Industri Farmasi Obat Tradisional mengklaim telah menemukan obat Anti Virus untuk Corona. Humas Balitbangtan menyebutkan bahwa komposisi antivirus tersebut adalah herbal eucalyptus yang diklaim memiliki efektivitas membunuh 80-100% virus corona. Mereka juga menyebutkan bahwa produk ini merupakan OHT (Obat Herbal Terstandar) dan telah menerima izin edar dari BPOM. Bagaimana Faktanya?

read more 411 Views
COVID 19 Update: Apa manfaat Sekuens RNA Virus SARS CoV-2 ditemukan?

Kabar baik datang dari LBM Eijkman yang berhasil memetakan sekuens RNA dari virus corona baru pada pasien Indonesia. Sekuens adalah urutan materi genetik dari suatu organisme, dalam hal ini adalah virus corona terbaru. Hal ini diakui oleh LBM Eijkman bahwa kali pertama pihaknya menyelesaikan pengurutan sekuens RNA penyusun virus corona terbaru itu. Data sekuens tersebut sudah diunggah ke pusat data GISAID. Dikatakan bahwa data awal ini akan mendukung proses percepatan penelitian lanjutan terkait penyebaran dan evolusi virus, pengembangan vaksin, dan juga penemuan obat antivirus di dunia. Mengapa data sekuens RNA Virus dapat berpengaruh terhadap percepatan penemuan vaksin dan obat antivirus?

read more 918 Views
MSD x Halo Apoteker Indonesia: “Critical Understanding for Diabetes Management during Ramadhan Month”

Memasuki bulan suci Ramadhan, kerjasama Halo Apoteker Indonesia bersama dengan MSD Indonesia melakukan webinar dengan tema: 1 Jam Bicara: Diabetes! “Critical Understanding for Diabetes Management during Ramadhan Month” yang dipandu langsung oleh Apt Dika Pramita Destiani, M.Farm dan dr Dyah Purnamasari, SpPD. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal; Sabtu, 25 April 2020. Pukul 16.00-17.00 WIB! Webinar ini diikuti oleh berbagai profesi tenaga kesehatan, dengan jumlah partisipan lebih dari 400. Berikut konten materi webinar yang kami rangkum khusus untuk sahabat HAI :

read more 508 Views
Echinaceae, Propolis, Pylanthi Niruri.  Ada apa sih kok ribut-ribut?

Ada apa sih kok ribut-ribut? Katanya jangan konsumsi suplemen yang bisa naikin imun! Nanti jadi gampang kena corona loh! Issue yang berkembang adalah; pada pasien corona, terdapat satu kondisi yang disebut dengan cytokine storm. Kondisi dimana kadar imun tubuh naik, ditandai dengan jumlah mediator/sinyal imun yang melonjak. Sedangkan obat-obatan immunomodulator atau peningkat daya tahan tubuh dikatakan meningkatkan imun. Jadi asumsi dan issu yang berkembang adalah, immunomodulator dikontraindikasikan saat ini untuk dikonsumsi untuk tujuan penjegahan corona, karena justru akan meningkatkan resiko terjadinya cytokine storm. WOW! Benarkah seperti itu? Kupas tuntas yuk!

read more 1172 Views
UPDATE COVID19: Klorokuin dan turunannya bisa menjadi solusi?

Obat apa sih klorokuin itu?  Sebelumnya digunakan sebagai terapi anti malaria dan penyakit autoimun seperti Rheumatoid Arthritis.  Klorokuin merupakan salah satu turunan sintesis dari alkaloid quinoline, yang terkandung dalam kulit pohon kina.  Selain sebagai antimalaria, kloroquin (CQ) dan turunannya yaitu hidroksikloroquin (HCQ), memiliki efek sebagai imunosupresan (menekan imun) yang juga sebagai antiinflamasi (antiradang), serta antivirus.

read more 1340 Views

About Me

Member Since

31 October 2019

Nickname

Nadiya

Gender

Female

Date of Birth

15 August 2020

Religious Views

Location

Depok

No STRA

No IAI

Bio