Trending

Swamedikasi Diare

Info Obat : Kortikosteroid, Obat Dewa?

DAGUSIBU

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

Profile image example

Sani Asmi Ramdani Lestari ( Administrator )

Artikel

Sudah Tahukah Kamu, Apa Saja Manfaat Virgin Coconut Oil?

Halo sahabat HAI, ada yang udah pernah denger Virgin Coconut Oil atau yang sering disebut VCO? Kalau dari kata coconut nya berarti ada hubungannya sama buah kelapa Iya betul sekali, jadi VCO itu merupakan produk yang diperoleh dari daging kelapa segar dan matang dengan atau tanpa pemanasan, serta tidak merubah minyak yang dikandungnya (Cocoinfo Internasional, 2005). Komponen utama VCO adalah asam lemak jenuh sekitar 90% dan asam lemak tak jenuh sekitar 10% (Widiyanti, 2015). Minyak kelapa murni atau VCO ini memiliki kriteria kadar air dan asam lemak bebas 0.02%  (Barlina dan Danny, 2018). Nah, karena kemurniannya VCO ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai komoditas loh sahabat HAI. Yuk kita tengok apa aja sih manfaat VCO?

read more 617 Views
Apakah Donor Darah Selalu Banyak Manfaatnya?

Berdasarkan data hasil penelitian, beberapa donor dapat memberikan manfaat. Namun, akan membahayakan bagi beberapa orang dengan kondisi tertentu.  Kondisi yang seperti apa yang dapat membahayakan? Peraturan pemerintah yang mengatur mengenai pelayanan darah adalah PP Nomor. 7 tahun 2011. Tranfusi darah tujuannya kemanusiaan, bukan untuk tujuan komersial dan menjadi bagian dari tanggung jawab pemerintah. Kebutuhan darah selama ini dilakukan oleh Palang Merah Indonesia kemudian disalurkan kepada unit-unit tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia. 

read more 589 Views
Profile Image Kenalan Sama Sukralfat December 02, 2019
Kenalan Sama Sukralfat

Pernah merasakan sakit perut di bagian kiri atas dan sekitarnya? Atau rasa perih, seperti kram perut, disertai mual ketika perut kosong? Biasanya orang-orang familiar dengan gejala-gejala seperti itu. Orang-orang akan bilang, “Oh, mungkin itu sakit maag.” Kemudian mereka akan merekomendasikan antasida dengan berbagai merek yang bisa di beli di apotek maupun di minimarket. Penyakit ini cukup popular di masyarakat. Rata-rata, 10% dari populasi pernah mengalami sakit maag. Nama lain dari penyakit ini adalah tukak lambung, juga bisa dikatakan sebagai ulkus duodenum. Inti dari penyakit ini, berhubungan dengan kelebihan zat asam di lambung yang kemudian menyebabkan iritasi atau bahkan luka di lambung atau saluran pencernaan bagian atas lainnya. Penyebabnya bisa bermacam-macam, dari sering telat makan, stress, konsumsi obat-obat tertentu seperti obat antinyeri, hingga bakteri. Jika ditanya obat apa yang paling terkenal untuk mengatasi maag, kebanyakan akan menjawab antasida. Tidak salah, namun, ada juga obat lain yang bisa mengatasi perih karena maag tersebut, salah satunya adalah Sukralfat. 

read more 990 Views
Tarik Ulur Ranitidin di Indonesia

Pada tanggal 11 Oktober 2019, sempat beredar informasi penarikan obat lambung Ranitidin dari pasaran. Hal tersebut cukup membuat resah masyarakat karena alasan penarikan Ranitidin adalah adanya cemaran N-nitrosodumethylamine (NDMA) yang dapat menyebabkan kanker. Namun, pada tanggal 20 November 2019, BPOM memberikan edaran baru yang mengatakan bahwa peredaran Ranitidin diperbolehkan untuk diedarkan lagi dan diproduksi lagi oleh industri-industri farmasi.

read more 1099 Views

About Me

Member Since

14 November 2019

Nickname

Asmi

Gender

Female

Date of Birth

30 March 2020

Religious Views

Location

Bandung

No STRA

No IAI

Bio