TIPS MEMILIH KOSMETIK AMAN BAGI GENERASI MILENIAL

Oleh : Wilda Sholihaturabiah, Apt.

 

Maraknya beauty vlogger, beauty blogger dan iklan kosmetika online yang gemar memberi ulasan tentang produk kosmetik, memiliki andil besar dalam promosi kosmetik di era digital ini. Iming-iming kulit mulus, cantik memukau dan mempesona selalu menjadi daya tarik bagi kaum hawa. Tak heran jika kini kosmetik menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat.

Dalam siaran pers Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI), Penny K. Lukito menyebutkan bahwa generasi milenial adalah target utama dari peredaran kosmetik saat ini, karena generasi ini yang paling akrab dengan dunia digital. Mudahnya akses informasi dari berbagai kanal media membuat generasi milenial mudah menjangkau kosmetik dengan berbagai jenis dan merk.

Tahun 2018 ini, BPOM telah menyita kosmetik ilegal senilai 106,9 milyar rupiah. Tingginya angka ini membuktikan bahwa permintaan kosmetik sangat tinggi di pasaran.

Banyaknya kosmetik terutama yang di jual secara online memicu peredaran kosmetik ilegal dan palsu. Kosmetik ilegal atau yang tak berizin edar mungkin saja mengandung zat kimia berbahaya seperti merkuri, hidrokinon, pewarna rhodamin K10, sehingga masyarakat dilarang menggunakannya karena memiliki efek negatif bagi kesehatan, seperti muka terasa panas, kulit merah, mengelupas, berjerawat, sampai berakibat kanker kulit. Jangan mudah tergiur dengan harga murah dan hasil yang instan.

Di Indonesia, BPOM mempunyai wewenang untuk memastikan bahwa produk farmasi seperti kosmetik, aman untuk digunakan bagi masyarakat. Kosmetik yang mempunyai Nomor Izin Edar pada kemasan kosmetik menandakan bahwa produk sudah diregistrasi dan dinyatakan bebas dari bahan yang dilarang digunakan.

Lakukan cek klik untuk memastikan produk kosmetik yang dibeli adalah kosmetik legal. Ceklik memiliki uraian sebagai berikut:

K: Kemasan. Cek kemasan dalam kondisi baik

L: Label. Baca informasi produk yang tercantum dalam label

I: Izin Edar. Pastikan produk memiliki izin edar

K: Kedaluwarsa. Cek masa kedaluawarsa produk

Untuk mengecek suatu produk terdaftar atau memiliki izin edar dapat dilakukan di website cekbpom.go.id atau dengan mengunduh aplikasi cek bpom di playstore.

 

 


Share yuk !....

Dengan ikutan share di social media kamu, berarti kamu ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan.