Oleh : Alsya Utami Rahayu, Apt.

 

Madu merupakan produk alami yang telah dikenal manfaatnya sejak zaman dahulu. Madu berasal dari sarang lebah yang memiliki beragam komposisi kimia yang sangat kompleks. Sifat madu yang manis seringkali menjadikan madu sebagai bahan makanan atau sebagai makanan pendamping, namun selain itu madu juga dapat digunakan untuk pengobatan. Beberapa khasiat madu dalam pengobatan antara lain:

1. Madu sebagai antibakteri

Aktivitas madu sebagai antibakteri berbeda dari antibiotik yang menghancurkan dinding sel bakteri atau menghambat jalur metabolisme intraseluler. Aktivitas antibakteri dari madu terkait dengan tiga sifat madu. Pertama, mau menarik uap air keluar dari lingkungan dan dengan demikian mendehidrasi bakteri. Kedua, pH madu antara 3,2-4,5 dan keasaman ini cukup rendah untuk menghambat pertumbuhan sebagian besar mikroorganisme. Ketiga, faktor fitokimia dalam madu juga telah diketahui menjadi salah satu cara madu bekerja sebagai antibakteri.

2. Madu sebagai penyembuh luka

Aplikasi madu pada tempat luka akan menyebabkan rangsangan proses penyembuhan, membersihkan luka, dan mengurangi peradangan. Namun, hal ini juga tergantung dari jenis luka dan tingkat keparahan luka. Madu yang dipilih harus cukup, sehingga dapat menutupi semua batas luka.

3. Madu sebagai antioksidan

Radikal bebas yang sering dijumpai sehari-hari dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh manusia. Senyawa fenolik pada madu memiliki khasiat sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas membuat kerusakan pada tubuh manusia.

4. Madu untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Madu dapat menginduksi respon imun melalui gula nigerooligosaccharides yang terkandung dalam madu. Selain kandungan tersebut, bahan selain gula yang terkandung dalam madu dipercaya ikut berperan dalam meningkatkan kekebalan pada tubuh manusia.

5. Madu untuk mengobati penyakit saluran cerna

Pemberian madu dengan cara diminum dapat memblokir mikroorganise patogen ke epitel usus, sehingga hal ini dapat membantu mencegah dan mengobati penyakit yang menyerang pada saluran pencernaan.

Selain manfaat madu yang disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat madu yang banyak diteliti oleh peneliti. Madu juga dapat digunakan untuk kecantikan dimana madu dipercaya untuk menjadikan kulit lebih halus dan lembut. Jadi, jangan lupa mengkonsumi madu ya Sahabat HAI.

 

 


Referensi

  • Eteraf-Oskouei, T., & Najafi, M. (2013). Traditional and modern uses of natural honey in human diseases: a review. Iranian journal of basic medical sciences, 16(6), 731-42.
  • Samarghandian, S., Farkhondeh, T., & Samini, F. (2017). Honey and Health: A Review of Recent Clinical Research. Pharmacognosy research, 9(2), 121-127.

Share yuk !....

Dengan ikutan share di social media kamu, berarti kamu ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan.