Oleh : Dinda Arditta, Apt.

 

Memang mencuci tangan merupakan kegiatan sederhana dan simpel agar terhindar dari kuman penyakit, seperti penyakit infeksi saluran pernafasan, penyakit diare, dan juga infeksi cacing.  Mengapa mencuci tangan  bisa mencegah penyakit-penyakit demikian? Hal ini dikarenakan, umumnya tangan manusia merupakan agen pembawa kuman penyakit yang dapat berpindah dari satu orang ke orang lain, maupun dari alam ke orang lain secara langsung dan tidak langsung.

 

Perilaku cuci tangan ini merupakan bagian dari program Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dari hasil riset ternyata membiasakan diri untuk mencuci tangan dapat menurunkan jumlah penderita diare hingga 23-40%, menurunkan penyakit pencernaan pada anak sekolah hingga 29-57% dan menurunkan kasus kejadian flu burung dan Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) hingga 50%.

 

Kita mencuci tangan tidak hanya saat makan saja, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengeluarkan 5 waktu kritis untuk mencuci tangan yaitu sebelum makan, sehabis membuang air besar, setelah menyiapkan makanan, setelah menceboki bayi dan setelah kontak dengan hewan.  Namun, tak jarang dari kita terburu-buru dalam mencuci tangan. Padahal, ada langkah tersendiri loh dalam mencuci tangan agar benar-benar terbebas dari kuman penyakit.

 

Ya, mencuci tangan tidak hanya sekedar mengalirkan air ke tangan kita, ataupun menggunakan sabun lalu digosok gosokkan ke tangan kita saja. WHO mengeluarkan panduan cara mencuci tangan yang baik dan benar, yaitu sebagai berikut :

1.       Basahi tangan kita dengan air bersih yang mengalir

2.       Tuangkan sabun secukupnya ke permukaan tangan kita

3.       Gosokkan sabun dengan kedua telapak tangan kita

4.       Menggosokkan punggung tangan dan sela sela jari tangan kiri dengan menggunakan tangan kanan dan lakukan sebaliknya.

5.       Menggosokkan kedua telapak tangan  dan masing-masing sela-sela jari kita.

6.       Saling mengunci jari-jari sisi dalam dari kedua tangan.

7.       Menggosok ibu jari kiri berputar dalam genggaman tangan kanan dan sebaliknya

8.       Menggosokkan ujung jari tangan dengan cara memutarkan ujung jari tangan di telapak tangan kiri dan sebaliknya

9.       Membilas kembali dengan menggunakan air yang mengalir

10.   Mengeringkan tangan dengan tissue kering atau handuk kering

 

Tadaaa! tangan kita terbebas dari kuman, dan kita siap melanjutkan aktivitas kita berikutnya. Kebiasaan mencuci tangan seperti ini harus diterapkan dimanapun kita berada ya!

 

Referensi :

Mustikawati, I. S. (2017). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Studi Kualitatif pada Ibu-Ibu di Kampung Nelayan Muara Angke Jakarta Utara; Studi Kualitatif. ARKESMAS [Arsip Kesehatan Masyarakat]2(1), 115-125.

Center for Disease Control and Prevention. Handwashing. Tersedia secara online di https://www.cdc.gov/features/handwashing/index.html

World Health Organization. 2018. Clean Hands Protection. Tersedia secara daring di http://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/


Share yuk !....

Dengan ikutan share di social media kamu, berarti kamu ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan.