Duh, perutku sakit. Sepertinya maag-ku kambuh!

 

Apa itu antasida?

Antasida merupakan obat pilihan pertama yang direkomendasikan untuk menetralisir asam lambung yang dihasilkan berlebih sehingga dapat mengiritasi lambung dan menimbulkan rasa perih pada bagian perut, yang masyarakat kenal sebagai sakit maag.

 

Obatnya yang bagaimana sih? Contohnya obat apa aja?

Pada umumnya, kandungan antasida yang utama adalah campuran antara magnesium dan alumunium. Beberapa contoh nama obat dagang yang mungkin kamu kenal antara lain Promag, Waisan, Mylanta, Sanmag, Plantacid, Polisylane, dan berbagai merek obat dagang lainnya. Obat ini biasanya berbentuk tablet atau suspensi (cairan obat berwarna putih dan sedikit kental).  

 

Dimana kita bisa membeli obat tersebut?

Pada umumnya obat ini berlabel lingkaran hijau dengan tepi berwarna hitam pada kemasannya. Obat dengan label lingkaran hijau dengan garis tepi berwarna hitam berarti obat jenis ini dapat dibeli secara bebas walaupun tanpa resep dokter di apotek, warung, ataupun supermarket. Mulai sekarang coba perhatikan label setiap obat yang kamu beli atau konsumsi ya!

 

Kapan sebaiknya meminum obat tersebut?

Menurut Buku Informasi Spesialite Obat Farmakoterapi, antasida ini umumnya  baik dikonsumsi satu jam setelah makan atau ketika gejala-gejala muncul (dada terasa panas, perut terasa perih). Untuk info lebih lanjut dapat membaca aturan pakai yang tertera pada kemasan obat atau bisa kamu tanyakan kepada apoteker terdekat.

 

Apakah ada efek samping yang ditimbulkan apabila kita terlalu banyak mengonsumsi antasida?

Walaupun kamu bisa membeli antasida ini secara bebas, tetap perlu diperhatikan cara dan waktu mengonsumsi obat ini, tidak baik untuk mengonsumsi antasida berlebihan karena dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan batu ginjal.

 

Bolehkah meminum obat ini bersamaan dengan obat lain?

Antasid dapat bereaksi dengan obat-obatan lainnya, seperti digoksin, antibiotik tetrasiklin, siprofloksasin, dan lainnya. Netralnya asam lambung oleh antasid dapat mengubah laju absorbsi obat-obat tertentu, sehingga efektivitas obat pun berubah. Oleh karena itu, bila kamu sedang konsumsi obat lain sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter dan apotekermu.

 

Apa yang harus dilakukan jika setelah mengonsumsi obat, namun gejala penyakit maag tidak kunjung sembuh?

Kunjungi dokter untuk diagnose lebih lanjut dan jangan lupa tanyakan apoteker bagaimana cara meminum obat yang baik

 

Referensi:

Medline Plus. 2014. Taking Antacid. Available online at https://www.nlm.nih.gov/medlineplus/ency/patientinstructions/000198.htm (17/5/2016)

Sukandar, dkk. 2009. ISO FARMAKOTERAPI. Jakarta: ISFI

 


Share yuk !....

Dengan ikutan share di social media kamu, berarti kamu ikut mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kesehatan.