Trending

Swamedikasi Diare

Info Obat : Kortikosteroid, Obat Dewa?

DAGUSIBU

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

Toner? Pentingkah?

Toner? Pentingkah?

  • 190

Toner merupakan salah satu dari bagian Daily Routine Cosmetics setelah mandi. Namun, jarang diketahui bahwa toner memiliki manfaat yang tidak bisa disepelekan.

Dr. Hedley King, A New York City-based, Board-Certified Dermatologist mengatakan bahwa senjata rahasia untuk menjaga kulit sehat adalah face toner. Nah, Sepenting itu kah Toner? Mari kupas tentang Toner.

 

APA ITU TONER?

Toner adalah cairan berbasis air yang dapat menyerap secara cepat untuk membantu menghilangkan kotoran berlebih, bekas minyak dan make up, menyeimbangkan pH kulit, serta mengendalikan jerawat. Sebagian besar toner memiliki komposisi dasar 30-60%  terdiri dari satu atau lebih bahan seperti etanol, aseton, isopropanol, dan alkohol denaturasi. Namun, bahan tersebut cenderung menghilangkan lapisan lipid intraseluler yang berguna untuk mempertahankan kelembapan kulit. Komposisi ini juga memberikan sensasi kering dan tidak enak karena cenderung menyebabkan iritasi.

 Kandungan toner yang direkomendasikan adalah toner yang berbasis Air dan bebas alkohol seperti eter glikol untuk menghilangkan sebum yang menyumbat pori-pori kulit. Komposisi ini juga dapat mempertahankan kelembapan kulit dan memberikan efek lebih baik dibandingkan dengan komposisi yang mengandung alkohol. Komposisi lain toner yang berperan sebagai penyeimbang pH adalah gliserin sebagai pelembab, AHA (Alpha Hydroxy Acids) yang dapat menghilangkan sel kulit mati, Panthenol dan Aloevera. Biasanya dalam toner juga ditambahkan antioksidan seperti vitamin C, E, beta karoten yang berguna untuk membantu mencegah penuaan dini.

 

Bagaimana Toner Bekerja?

Toner wajah bekerja menghilangkan kelebihan minyak berlebih dan kotoran yang tersisa atau sisa make up di wajah setelah kita mencuci wajah. Namun, Toner tidak dapat digunakan sebagai pengganti cuci muka ya teman. Toner digunakan setelah mencuci wajah dengan sabun muka.  Sabun cuci muka yang digunakan biasanya membuat kulit menjadi agak kering hal ini dikarenakan terjadinya ketidakseimbangan pH di wajah, kondisi ini dikarenakan kulit wajah secara alami bersifat asam, sedangkan sabun wajah bersifat alkali. Saat pH kulit wajah tidak seimbang, maka secara alami kulit akan berusaha memperbaiki kondisinya dengan memproduksi minyak di wajah, oleh karena itu toner berfungsi menyeimbangkan pH kulit wajah sehingga kulit wajah tidak akan memproduksi minyak berlebih.

Toner juga dapat bekerja dengan menambahkan lapisn perlindungan karena mampu membantu menutup pori-pori dan mengencangkan celah sel setelah pembersihan, mengurangi penetrasi kotoran dan kontaminan lingkungan. Toner juga bekerja sebagi humektan yang dapat membantu mengikat kelembapan pada kulit. Toner mampu menghidrasi dan menutrisi kulit dan mengatasi jerawat karena dapat menghilangkan penumpukan minyak, residu, sel kulit mati, dan masalah lain penyebab jerawat.

 

Bagaimana cara memilih Toner  untuk kulit kita?

Yang paling penting adalah Selalu gunakan toner yang bebas alkohol. Komposisi lainnya mengikuti tipe kulit masing-masing:

  • Kulit berjerawat à gunakan toner yang bebas alkohol dengan AHA (Alpha Hydroxy Acid). Hal ini akan membuat kulit bersih dan glowing tanpa membuat kulit mengelupas. Asam Salisilat juga dapat digunakan untuk kulit berjerawat dengan minyak berlebih. Asam salisilat dapat menyebabkan kulit terkelupas secara lembut, menghilangkan sel kulit mati dan juga dapat meningkatkan pergantian sel dan produksi kolagen
  • Kulit kombinasi normal à gunakan toner dengan asam hialuronat, gliserin dan vitamin C.
  • Kulit kering à gunakan toner bebas alkohol. Gunakanlah produk yang mengandung gliserin dan pelembab. Kandungan minyak atsiri juga direkomendasikan untuk memberikan nutrisi dan menghaluskan kulit, namun perlu diwaspadai apabila terjadi iritasi.
  • Kulit sensitif à gunakan toner yang memiliki kandungan Aloevera, selain itu terdapat kandungan alga yang mengandung asam amino berfungsi untuk mendetoksifikasi dan menghilangkan kotoran yang dapat mengiritasi kulit.
  • Kulit berminyak à gunakanlah Bentonit Clay karena dapat mengontrol kilau kulit dan membersihkan serta mengencangkan kulit
  • Kulit normal à gunakanlah toner yang mengandung koenzim Q10 dan Asam Hyaluronat. Kedua bahan tersebut berperan sebagai antioksidan dan menghidrasi kulit sehingga kulit terlihan segar.

 

Bagaimana cara menggunakan Face Toner?

  • Mulai dengan membersihkan wajah dengan menggunakan cleanser yang sesuai dengan tipe kulit. Pilih yang bebas parfum.
  • Basahi kapas dengan toner bebas alkohol dan oleskan pada wajah
  • Biarkan mengering
  • Jika kalian memiliki kulit kombinasi atau berminyak, maka gunakanlah toner bebas alkohol di siang dan malam hari
  • Jika kalian memiliki kulit kering, maka gunakanlah hanya sekali sehari di malam hari.
  • Oleskan pelembab setelah menggunakan toner yang sesuai dengan jenis kulit teman-teman.
  • Hati-hati! Penggunaan toner yang berlebihan atau terlalu sering menyebabkan pori-pori akan lebih banyak memproduksi minyak berlebih.

 

Wah, sudah tahu kan? Pentingnya menggunakan toner. Jadi jangan sepelekan lagi ya guys, karena toner pelengkap sabun cuci muka yang memiliki banyak sekali manfaat.

Supervisor:
  • Admin HAI
Visualitator:
  • Putri Kholilah
  • Cleure.com, 2019, “Guide to Skin Toners: Do You Need It and How to Use It”. Diakses pada 28 November 2019 di https://www.cleure.com/guide-to-skin-toner-s/551.htm.
  • Griffiths, J., 28 Agustus 2017, “What Is a Toner Used For? Plus, the Best Pick for Your Skin Type”. Diakses pada 7 Desember 2019 di https://www.dermstore.com/blog/top_ten/what-is-toner-used-for/
  • Shatzman, C., and Aberman, M., 29 April 2019, “Here is How To Use Facial Toner Without Drying Out Your Skin”. Diakses pada 28 November 2019 di https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19952473/how-to-use-facial-toner/
  • Usigan, Y., 16 Juni 2010, “6 Reasons Why You Should Add Face Toner to Your Beauty Routine”. Diakses pada 28 November 2019 di https://www.today.com/shop/6-reasons-why-you-should-use-facial-toner-t73941.
Oh Ternyata Skincare

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here