Trending

Info Obat : Kortikosteroid, Obat Dewa?

Swamedikasi Diare

Sunscreen, SPF, dan yang Kita Pilih Selama Ini

Bagaimana Cara Menggunakan Obat di Bulan Ramadhan?

Sudah Tahukah Kamu, Apa Saja Manfaat Virgin Coconut Oil?

Sudah Tahukah Kamu, Apa Saja Manfaat Virgin Coconut Oil?

  • 378

Halo sahabat HAI, ada yang udah pernah denger Virgin Coconut Oil atau yang sering disebut VCO?

Kalau dari kata coconut nya berarti ada hubungannya sama buah kelapa

Iya betul sekali, jadi VCO itu merupakan produk yang diperoleh dari daging kelapa segar dan matang dengan atau tanpa pemanasan, serta tidak merubah minyak yang dikandungnya (Cocoinfo Internasional, 2005). Komponen utama VCO adalah asam lemak jenuh sekitar 90% dan asam lemak tak jenuh sekitar 10% (Widiyanti, 2015). Minyak kelapa murni atau VCO ini memiliki kriteria kadar air dan asam lemak bebas 0.02%  (Barlina dan Danny, 2018).

Nah, karena kemurniannya VCO ini banyak dimanfaatkan dalam berbagai komoditas loh sahabat HAI.

Yuk kita tengok apa aja sih manfaat VCO?

Menurunkan berat badan

VCO merupakan salah satu sumber MCT (medium-chain triglyceride). MCT ini dapat memberikan 8,3 kkal/gram, lebih dari 2 kali energi karbohidrat tetapi tidak disimpan sebagai lemak seperti sebagaimana halnya asam-asam lemak rantai panjang. Oleh karena itu, konsumsi VCO tidak akan menyebabkan kegemukan atau obesitas (Barlina dan Danny, 2018).

Antibakteri

Asam lemak jenuh yang terkandung dalam VCO didominasi oleh asam laurat, kandungan asam laruta dalam VCO berkisar 50-70%. Di dalam tubuh manusia, asam laurat ini akan diubah menjadi monolaurin yang bersifat antivirus, antibakteri, dan antiprotozoa serta asam-asam lain, seperti asam kaprilat, yang didalam tubuh manusia diubah menjadi monocaprin yang bermanfaat untukpenyakit yang disebabkan oleh virus HV-2 dan HIV-1 dan bakteri Neisseria gonnorhoeae (Widiyanti, 2015).

Kesehatan jantung

Berdasarkan struktur kimianya, VCO merupakan salah satu sumber dari MCT (Medium-Chain Triglyceride). MCT merupakan lemak jenuh, sehingga lebih aman terhadap reaksi oksidasi dan pembentukan trans fatsTrans fatsdapat meningkatkan kolesterol LDL (“kolesterol jahat”) dan menurunkan kolesterol HDL (“kolesterol baik”) dalam darah (Barlina dan Danny, 2018).

Kesehatan Tulang dan Osteoporosis

Osteoporosis pasca menopause telah diduga berhubungan dengan stress oksidatif. VCO ditemukan mempengaruhi status oksidatif tulang dengan menurunkan kadar malondialdehyde dan meningkatkan kadar enzim antioksidan glutathione peroxidase dan superoxide dismutase (Wallace, 2018).

Kesehatan Gigi

Penelitian telah menunjukkan bahwa VCO efektif mengurangi mikroba dan menurunkan indeks plak pada gigi dengan cara berkumur dengan VCO di dalam mulut selama beberapa waktu (Salian, 2018).

Kosmetik

VCO memiliki kandungan asam lemak jenuh dan aroma yang lebih baik dibandingkan minyak kelapa biasa.  Susunan molekul VCO yang sangat kecil memudahkan penyerapan pada produk kosmetik dan mampu memberikan terkstur yang lembut dan halus pada kulit dan rambut (Barlina dan Danny, 2018).

Wah ternyata VCO ini banyak juga manfaatnya. Kalau sahabat HAI gimana? Tertarik untuk mencoba VCO ini? 

 

 

Supervisor:
  • Nadiya Nurul
Visualitator:
  • Putri Kholilah
  • APCC. 2005. Cocoinfo Internasional 12(1): 39. Asian and Pasific Coconut Community (APCC)
  • Barlina, Rindengan dan Danny Torar. 2018. Diversifikasi Produk Virgin Coconut Oil (VCO). Tersedia online di http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/palma/article/download/8322/7126 [Dapat diakses pada 24 Juli 2019].
  • Salian, Varsha dan Pushparaja Shetty. 2018. Coconut Oil and Virgin Coconut Oil: An Insight into its Oral and Overall Health Benefits. Journal of Clinical and Diagnostic Research 12(1): 1-3.
  • Wallace, Taylor C. 2018. Health Effect of Coconut Oil- A Narrative Review of Current Evidence. Journal of The American College of Nutrition. DOI: 10.1080/07315724.2018.1497562.
  • Widiyanti, Rahma Ayu. 2015. Pemanfaatan Kelapa Menjadi VCO (Virgin Coconut Oil) Sebagai Antibiotik Kesehatan Dalam Upaya Mendukung Visi Indonesia Sehat 2015. Prosiding Seminat Nasional Pendidikan Biologi 2015: 577-584
Farmasi Indonesia Herbal Informasi obat

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here