Trending

Kenali Macam-macam Area Suntik

Swamedikasi Diare

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

INFORMASI OBAT: GOLONGAN PENGHAMBAT KANAL KALSIUM ATAU CALCIUM CHANNEL BLOCKER (CCB)

Rapid Test atau PCR, Apasih Bedanya Buat Tes Covid?

Rapid Test atau PCR, Apasih Bedanya Buat Tes Covid?

  • 292

Sahabat HAI, Indonesia pertama kali mengkonfirmasi kasus Covid-19 pada Senin, 2 Maret 2020. Di tengah pandemi ini, pemerintah gencar mensosialisasikan gaya hidup sehat dan melakukan rapid test di berbagai daerah untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas. Selain rapid test, ada lagi tes yang memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi yaitu dengan menggunakan PCR. Apa ya bedanya dari kedua tes tersebut? Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Tes Diagnostik atau PCR

Tes PCR merupakan metode pengujian dengan mengambil usapan pada hidung/tenggorokan dari pasien. Tes ini bekerja pada air liur pasien dengan mencari bahan genetik dari virus korona. Teknologi yang digunakan pada tes ini disebut PCR (Polymerase Chain Reaction). Dengan menggunakan teknologi PCR, materi virus dapat dideteksi Ketika seseorang terinfeksi oleh virus korona. Secara umum, tes ini paling dapat diandalkan dengan spesifisitas sebesar 80-85% yaitu kemampuan tes mendeteksi virus.

Rapid Test

Rapid test merupakan tes serologi yang dilakukan terhadap seseorang yang telah terinfeksi oleh virus korona. Tes ini dilakukan dengan pengambilan sampel darah dari pasien yang diteteskan ke alat rapid test. Rapid test digunakan untuk mendeteksi apakah terdapat antibodi IgM dan IgG yang umumnya muncul setelah empat hari hingga lebih dari satu minggu setelah infeksi.

Apabila rapid test menunjukkan hasil positif maka pasien akan dikategorikan ‘reaktif’ namun bukan berarti positif virus korona. Selanjutnya, harus dilakukan pengujian Kembali dengan menggunakan PCR.

Namun, bila hasilnya negatif. Pasien dapat disarankan untuk melakukan pengujian ulang untuk mengkonfirmasi hasil tes—tergantung dari gejala yang dialami pasien.

Nah Sahabat HAI, terlepas dari hasil tes covid-19, kita tetap harus melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi diri sendiri serta orang-orang disekitar kita. Kini dalam era Tatanan Normal Baru (New Normal) kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan physical distancing, memakai masker, selalu mencuci tangan, pemantauan suhu tubuh, dan menjaga pola hidup sehat dengan olah raga serta makan makanan dengan gizi seimbang.

Supervisor:
  • Sani Asmi Ramdani Lestari
Visualitator:
  • Putri Kholilah
  • Kent, Chloe. 2020. Different Paths To The Same Destination: Screening For Covid-19. Available at https://www.medicaldevice-network.com/features/types-of-covid-19-test-antibody-pcr-antigen/. Accessed 08/06/2020
  • Harris, Richard. 2020. How Reliable Are Covid-19 Test? Depends Which One You mean. Available at https://www.npr.org/sections/health-shots/2020/05/01/847368012/how-reliable-are-covid-19-tests-depends-which-one-you-mean. Accessed 08/06/2020.
Farmasi Indonesia Info Update

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here