Trending

Swamedikasi Diare

Info Obat : Kortikosteroid, Obat Dewa?

DAGUSIBU

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

Mari Mengenal Pil Kontrasepsi

Mari Mengenal Pil Kontrasepsi

  • 1568

Oleh : Alsya Utami Rahayu, S.Farm., Apt.

Bagi wanita yang berencana untuk menunda kehamilan, ada salah satu cara yang menjadi andalan banyak orang yaitu dengan menggunakan Pil Kontrasepsi atau yang lebih dikenal dengan Pil KB. Pil KB ini tersedia dalam dua jenis, yaitu pil kombinasi (mengandung progestin dan esterogen) dan minipil (hanya mengandung progestin). Jika digunakan secara teratur, pil KB kombinasi memiliki tingkat efektivitas 99%, dan minipil memiliki tingkat efektivitas 95%. Minipil biasanya digunakan untuk ibu yang sedang menyusui.

Gimana sih caranya Pil KB bisa buat menunda kehamilan? 

Jadi, Pil KB dapat mencegah terjadinya kehamilan dengan cara menghambat indung telur atau ovarium melepaskan sel telur agar tidak terjadi proses pembuahan, mengubah ketebalan lapisan lendir di dalam leher rahim yang akan menyulitkan sperma bergerak masuk ke dalam rahim, dan  menipiskan lapisan dinding rahim, sehingga sperma akan sulit untuk menempel dan tertanam di dalam rahim.

Bagaimana Cara Penggunaan Pil KB?

Dalam satu blister, pil KB berisi 28 pil yang terdiri dari 21 pil aktif dan 7 plasebo. Pil aktif mengandung zat aktif, sedangkan plasebo (tidak berisi zat aktif) berfungsi sebagai pengingat agar pil KB diminum setiap hari. Pil KB mulai dapat diminum dalam 5 hari awal siklus menstruasi.

Sahabat HAI yang berencana meminum pil KB, jangan lupa untuk mengonsumsi pil KB secara rutin ya jangan sampai ada yang terlewat supaya tetap efektif dalam mencegah kehamilan. Lebih baik lagi apabila pil KB dikonsumsi pada jam yang sama setiap harinya.

Bagaimana jika Sahabat HAI lupa meminum pil KB?

  • Jika lupa kurang dari 12 jam, segera minum ketika teringat.

  • Jika lupa meminum dua dosis pil KB (dalam 24 jam), maka pada saat teringat minum dua dosis kemudian meminum pil KB dosis berikutnya seperti jam reguler. 

  • Jika lupa lebih dari 24 jam, bisa dilanjutkan minum pil KB, namun efektivitas pil akan berkurang. Jadi buat jaga-jaga, gunakan kondom saat berhubungan seksual selama tujuh hari kedepan.

Hal yang harus diperhatikan ketika meminum pil KB?

Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan apabila ingin meminum pil KB, yaitu tekanan darah tingi, migrain, gangguan kesehatan lainnya. Sebaiknya konsultasikan kepada tengaga kesehatan apabila sahabat HAI mengalami kondisi tersebut. Selain itu, ada beberapa obat yang dapat mengurangi efektivitas pil KB, seperti obat antikejang (mis: carbamazepine), obat HIV (mis. Lopinavir), dan Rifampicin. Apabila sahabat HAI rutin meminum obat tersebut, sahabat HAI disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang lain, contohnya adalah AKDR (Alat Kontrasepsi Dalam Rahim).

Apa Efek Samping yang disebabkan oleh pil KB?

Seperti obat pada umumnya Sahabat HAI, pil KB juga punya resiko efek samping, seperti mual, pengerasan payudara, terjadi perdarahan diantara dua siklus menstruasi, turunnya gairah seksual, peningkatan berat badan, serta perubahan mood dan emosi. Pil KB juga dapat menimbulkan efek samping yang lebih serius, namun termasuk jarang hingga langka, diantaranya yaitu serangan jantung, stroke, meningkatkan tekanan darah, dan pembekuan darah.

Kalau mau pake pil KB gimana caranya?

Bagi sahabat HAI yang akan menggunakan pil KB. Untuk siklus pertama, pil KB harus menggunakan resep dokter. Pada siklus selanjutnya, pil KB dapat dibeli di Apotek karena pil KB termasuk ke dalam Obat Wajib Apotek No.1 sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan No. 347/Menkes/SK/VII/1990.

 

Referensi:

Kemenkes. 2014. Alat Bantu Pengambilan Keputusan Ber-KB. Jakarta: Kemenkes.

World Health Organization. 2016. Rekomendasi Praktik Terpilih Pada Penggunaan Kontrasepsi. Swiss: WHO.

Anak Estrogen Hamil Kehamilan Kontrasepsi Pil Pil KB Progestin

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here