Trending

Kenali Macam-macam Area Suntik

Swamedikasi Diare

ASAM URAT: Allopurinol, Kolkisin atau NSAID?

INFORMASI OBAT: GOLONGAN PENGHAMBAT KANAL KALSIUM ATAU CALCIUM CHANNEL BLOCKER (CCB)

Info Obat: Tocilizumab (Actemra®)

Info Obat: Tocilizumab (Actemra®)

  • 433

Sahabat HAI, banyak banget ya info-info terkait obat yang digunakan untuk penanganganan Covid-19. Nah kali ini, yuk kita bahas obat Tocilizumab (Actemra®) untuk Covid-19. Tocilizumab (TCZ) dengan nama dagang Actemra® merupakan antibodi monoklonal yang bekerja dengan menghambat ikatan interleukin-6 (IL-6) terhadap reseptornya. Pada kondisi badai sitokin, IL-6 memiliki peranan penting dalam memediasi reaksi inflamasi. Tingginya kadar sitokin, termasuk IL-6, telah diamati pada pasien Covid-19 berat atau kritis. Meskipun peran IL-6 dalam memediasi badai sitokin yang terkait dengan COVID-19 masih belum jelas ya. Oleh karena itu Sahabat HAI, TCZ merupakan salah satu obat pilihan untuk tata laksana badai sitokin pada Covid-19.[H1] 

Informasi Umum Tocilizumab (Actemra®)

  • Indikasi:
  1. Artritis reumatoid untuk formulasi intravena (Actemra®IV) dan subkutan (Actemra® SC)
  2. Artritis Juvenil Poliartikular Idiopatik untuk formulasi Intravena (Actemra® IV)
  3. Artritis Juvenil Sistemik Idiopatik

 

  • Cara Kerja

Tocilizumab (ACTEMRA®) yaitu protein yang terbuat dari sel-sel imun spesifik (antibodi monoklonal), yang bekerja dengan cara menghambat aktivitas protein tertentu (sitokin) berupa interleukin-6. Protein ini berperan dalam proses peradangan dalam tubuh dan penghambatan protein ini dapat mengurangi peradangan dalam tubuh Anda.

 

  • Golongan Obat

Obat ini termasuk Disease-Modifying Anti-Rheumatic Drugs (DMARDs) dan merupakan golongan Obat Keras. Oleh karena itu, penggunaan obat ini HARUS DENGAN RESEP DOKTER

 

  • Dosis
  1. Actemra® IV (formulasi intravena)

Anak-anak dengan pJIA (usia 2 tahun ke atas)

Dosis umum Actemra® disesuaikan dengan berat badan pasien bila:

    • Berat badan pasien kurang dari 30 kg: dosis yang diberikan adalah 10 mg/kg berat badan.
    • Berat badan pasien 30 kg atau lebih: dosis yang diberikan adalah 8 mg/kg berat badan.

Dosis tersebut dihitung berdasarkan berat badan pasien pada setiap pemberian.

Pasien anak dengan pJIA akan diberikan Actemra® setiap 4 minggu sekali melalui infus intravena selama satu jam.

Anak-anak dengan sJIA (usia 2 tahun ke atas)

Dosis umum Actemra®  disesuaikan dengan berat badan pasien bila:

    • Berat badan pasien kurang dari 30 kg: dosis yang diberikan adalah 12 mg/kg berat badan.
    • Berat badan pasien 30 kg atau lebih: dosis yang diberikan adalah 8 mg/kg berat badan.

Dosis tersebut dihitung berdasarkan berat badan pasien pada setiap pemberian.

Pasien anak dengan sJIA akan diberikan Actemra® setiap 2 minggu sekali melalui infus intravena selama satu jam.

      2. Actemra® SC (formulasi subkutan)

Dosis untuk orang dewasa yang menderita Artritis Reumatoid adalah 162 mg (dalam bentuk alat suntik siap pakai) yang diberikan seminggu sekali (IONI, 2020).

 

  • Efek samping (Adverse effects): Peningkatan enzim hati, meningkatkan risiko reinfeksi pada pernapasan (Joseph dan Moslehi, 2020).

 

  • Kontraindikasi:
  1. Alergi terhadap tocilizumab atau bahan-bahan lain dalam obat ini
  2. Mengalami infeksi berat dalam kondisi aktif

 

  • Interaksi Obat

Risiko penularan sekunder infeksi bila diberikan bersamaan dengan vaksin hidup. Dapat meningkatkan metabolisme obat yang dimetabolisme oleh enzim CYP (MIMS, 2020).

Studi Tocilizumab pada Covid-19

Namun Sahabat HAI sampai saat ini, belum ada bukti uji klinis yang dipublikasikan yang mengevaluasi efektivitas dan keamanan penggunaan anti IL-6 pada COVID-19. Beberapa uji klinis telah dimulai secara independen untuk mengeksplorasi kemanjuran dan keamanan TCZ untuk perawatan pasien dengan COVID-19.

Pada 23 Maret 2020, Genentech mengumumkan telah memprakarsai studi fase 3 acak, tersamar ganda, terkontrol plasebo (COVACTA) untuk menilai efektivitas dan keamanan TCZ dibandingkan dengan plasebo dalam kombinasi dengan terapi standar pada sekitar 330 pasien dewasa dengan pneumonia Covid-19 parah yang dirawat di rumah sakit (Genentech, 2020).

Penggunaan tocilizumab diberikan pada kasus COVID-19 berat dan kritis di Tiongkok. Penelitian observasional retrospektif dilakukan pada 21 pasien dengan pneumonia COVID-19 yang berat atau kritis. Pada studi tersebut kasus berat ditandai dengan frekuensi napas> 30 kali per menit, SatO2 < 93% pada room air, PaO2/FiO2 < 300 mmHg. Kasus kritis ditandai dengan gagal napas dalam ventilasi mekanik, syok, atau gagal organ yang memerlukan perawatan ICU. Tocilizumab digunakan bersamaan dengan terapi standar lainnya, yaitu LPV/r (lopinavir/ritonavir) dan metilprednisolon. Pada studi ini, TCZ diberikan dengan dosis 400 mg sekali pemberian. Dilaporkan bahwa demam pada semua pasien hilang dalam satu hari diikuti perbaikan klinis dan radiologis. Namun studi ini masih dalam skala kecil dan tidak ada kelompok pembanding (Xu X, Han M, Li T, et al. 2020).

Penggunaan Tocilizumab pada Covid-19

WHO juga sudah mengadakan panel ahli untuk membahas peran potensial penghambatan IL-6 dalam manajemen infeksi COVID-19. Panel menyimpulkan bahwa “bukti masih sangat terbatas dari manfaat potensial inhibitor IL-6 ”pada pasien dengan pneumonia COVID-19 dan data dari uji coba klinis diperlukan (WHO, 2020).

Pada Informatorium Obat COVID-19 di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Maret 2020, TCZ juga sudah dimasukkan sebagai bagian terapi pada COVID-19 yang mengadopsi dari Diagnosis and Treatment Protocol of COVID-19 ver 7 China dan International Pulmonologist’s Consensus on Covid-19.

Jadi sahabat HAI, kesimpulannya Tocilizumab sebagai imunoterapi direkomendasikan pada pengobatan berat dan kritis pada Covid-19 dengan lesi paru yang luas dan kasus berat yang menunjukkan peningkatan level IL-6.


 

Supervisor:
  • Sani Asmi Ramdani Lestari
Visualitator:
  • Ginanjar Setia Mulyana
  • Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Informatorium Obat Covid-19 di Indonesia. Maret 2020. Available at http://online.flipbuilder.com/tbog/infi/mobile/index.html.
  • Genentech, 2020. Genentech Announces FDA Approval of Clinical Trial for Actemra to Treat Hospitalized Patients With Severe Covid-19 Pneumonia March 23, 2020 Available at https://www.gene.com/media/press-releases/14843/2020-03-23/genentech-announces-fda-approval-of-clin.
  • IONI. 2020. Actemra Cairan Infus 20 mg/mL. Available at http://pionas.pom.go.id/obat-baru/actemra-cairan-infus-20-mgml
  • MIMS. 2020. Tocilizumab. Available at https://www.mims.com/indonesia/drug/info/tocilizumab
  • Joseph, T. dan Moslehi, MA. 2020. International Pulmonologist’s Consensus on Covid-19. Amrita Institute of Medical Sciences: India.
  • World Health Organization. 2020. WHO R&D Blueprint. COVID-19. Informal consultation on the potential role of IL-6/IL-1 antagonists in the clinical management of COVID 19 infection. Available at https://www.who.int/blueprint/priority-diseases/keyaction/Expert_group_IL6_IL1_call_25_mar2020.pdf
Corona Virus Covid-19

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here