Trending

Info Obat : Kortikosteroid, Obat Dewa?

Swamedikasi Diare

Sunscreen, SPF, dan yang Kita Pilih Selama Ini

Bagaimana Cara Menggunakan Obat di Bulan Ramadhan?

Apa Itu Insulin?

Apa Itu Insulin?

  • 959

Oleh : Yulinda Risma Raras Dwi Wiyono, Apt.

 

Apa fungsi insulin?

Insulin merupakan hormon alami yang diproduksi oleh pankreas. Insulin dibutuhkan untuk mengangkut glukosa dari darah ke dalam sel-sel tubuh yang kemudian digunakan untuk menghasilkan energi. Fungsi insulin perlu dijaga untuk mengendalikan kadar gula tubuh untuk tidak melonjak terlalu tinggi (hiperglikemia) atau turun terlalu rendah (hipoglikemia).

Insulin juga membantu  menyimpan glukosa di hati (liver) apabila kadar glukosa darah terlalu sedikit, karena fungsi insulin adalah memastikan kadar glukosa tetap berada dalam rentang normal. Apabila karena beberapa alasan pankreas tidak menghasikan insulin yang cukup atau sel-sel Anda kebal terhasap insulin, Anda mungkin akan mengalami komplikasi jangka panjang dari hiperglikemia atau hipoglikemia.

 

Apa yang terjadi pada tubuh jika fungsi insulin terganggu?

Masalah yang paling sering terjadi berkaitan dengan insulin adalah diabetes. Diabetes ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi. Terdapat dua jenis diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Diabetes tipe 1 adalah autoimun, sistem imun salah menargetkan sel-sel beta penghasil insulin pada pankreas hingga pankreas tidak dapat menghasilkan insulin. Sedangkan, diabetes tipe 2 ditandai dengan ketidakmampuan tubuh merespon insulin atau disebut resistensi insulin.

 

Siapa saja yang membutuhkan terapi insulin?

Pada awalnya, terapi insulin hanya ditujukan bagi pasien diabetes mellitus tipe 1. Pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dapat dimulai antara lain untuk pasien dengan kegagalan terapi oral, kendali kadar glukosa darah yang buruk (A1c > 75% atau kadar glukosa darah puasa > 250mg/dl), riwayat pankreatektomi atau disfungsi pankreas, riwayat fluktuasi kadar glukosa darah yang lebar, riwayat ketoasidosis, dan penyandang diabetes mellitus lebih dari 10 tahun.

 

Apa saja jenis insulin?

Insulin untuk tujuan terapi bagi yang membutuhkan pada dasarnya terdiri dari dua macam, yaitu human insulin dan insulin analog. Perbedaan antara human insulin dan insulin analog dijelaskan pada Tabel 1.

No Parameter Human Insulin Human Analog
1

Contoh Insulin

- Short acting insulin (reguler)
- Intermediate acting insulin (NPH)
- Rapid acting insulin (Aspart, Lispro, Glulisine)
- Long acting insulin (Glargine, Detemir)
2 Definisi Human insulin merupakan hasil biosintesis protein yang strukturnya sama dengan insulin endogen yang dihasilkan sel beta pankreas manusia Insulin analog merupakan human insulin yang dimodifikasi secara sintesis untuk mengubah karakteristik farmakokinetik
3 Kontrol glukosa darah post-prandial Lebih rendah Lebih baik
4 Pengaruh penurunan HbA1c Kurang signifikan Lebih signifikan
5 Risiko terjadinya hipoglikemia Lebih tinggi Lebih rendah
6 Risiko penambahan berat badan Lebih tinggi Lebih rendah
7 Variasi farmakokinetika antar individu Lebih besar pada penggunaan insulin kerja menengah Lebih kecil pada penggunaan insulin kerja panjang
8 Harga Lebih murah Lebih mahal

 

Tipe insulin juga diklasifikasikan bergantung pada seberapa cepat insulin bekerja, waktu kerja maksimal, dan durasi kerja insulin dalam tubuh seperti yang dapat dilihat pada Tabel 2.

Tabel 2. Farmakokinetik Insulin berdasarkan waktu kerja

Keterangan: Onset (lamanya waktu yang dibutuhkan untuk insulin mencapai darah dan mulai menurunkan kadar gula darah), peak (periode waktu dimana insulin paling efektif menurunkan gula darah), dan duration (berapa lama insulin dapat menurunkan kadar glukosa darah).

 

Apa saja yang mempengaruhi pemilihan insulin?

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan tipe insulin, yaitu:

1.       Respon tubuh individu terhadap insulin (berapa lama menyerap insulin ke dalam tubuh dan tetap aktif di dalam tubuh sangat bervasriasi dari setiap individu)

2.       Pilihan gaya hidup yang dapat mempengaruhi tubuh untuk merespon insulin, diantaranya: jenis makanan, konsumsi alkohol, dan kebiasaan olahraga.

3.       Berapa banyak suntikan per hari yang ingin dilakukan

4.       Berapa sering melakukan pengecekan kadar gula darah

5.       Usia

6.       Target pengaturan gula darah

 

Berapa dosis insulin yang tepat?

Dosis penggunaan insulin bersifat individual, akan sangat berbeda kebutuhan pasien yang satu dengan pasien yang lain yang diantaranya dipengaruhi oleh faktor luas permukaan badan dan target kadar gula yang ingin dicapai. Dokterlah yang bertanggung untuk menentukan dosis bagi pasiennya.

Dosis yang tidak tepat, misalnya terlalu banyak bisa menimbulkan kondisi berkebalikan dari kondisi diabetes yaitu kekurangan kadar gula darah yang juga berbahaya untuk tubuh, bisa menyebabkan kehilangan kesadaran bahkan sampai kerusakan otak karena gula atau glukosa juga dibutuhkan oleh otak untuk bekerja.

 

Bagaimana cara penggunaan insulin?

Insulin umumnya diberikan dengan suntikan di bawah kulit (subkutan) dengan arah alat suntik tegak lurus terhadap cubitan permukaan kulit. Pada keadaan khusus diberikan intramuskular atau drip. Penyuntikan dilakukan pada daerah yang mengandung banyak lapisan lemak, seperti perut sekitar pusat sampai kesamping, kedua lengan atas bagian luar (bukan daerah deltoid) atau kedua paha bagian luar. Daerah suntikan sebaiknya berjara 2,5 cm dari daerah suntikan sebelumnya. Lakukanlah rotasi di dalam satu daerah selama satu mingg, lalu baru pindah ke daerah yang lain. Langkah langkah penyuntikan insulin:

1.       Memastikan ujung jarum terisi penuh oleh insulin dan bukan udara, dengan cara menyuntikkan sedikit insulin keluar dari ampul ke udara.

2.       Atur dosis insulin yang akan disuntikkan dengan cara memutar bagian pengatur dosis pada pen insulin

3.       Cubit area kulit yang akan disuntik, namun jangan terlalu keras.

4.       Masukkan jarum dengan sudut 90 derajat dan pastikan jarum pen benar-benar masuk ke dalam kulit serta hitung selama 10 detik sebelum mencabut pen.

5.       Lepaskan cubitan dan buang jarum suntik di tepat yang aman.

 

 

Sumber:

Afifah, Hafshah Nurul. 2016. Mengenal Jenis-Jenis Insulin T erbaru untuk Pengobatan Diabetes. Majalah Farmasetika, Vol.1 No.4, 2016.

Alessia, Tamara. 2018. Sebenarnya Apa Fungsi Insulin Bagi Tubuh Kita? diakses  di https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/fungsi-insulin-tubuh/  

Etika, Nimas Mita. 2019. Berbagai Jenis Suntikan Insulin untuk Diabetes. diakses di https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/jenis-suntik-insulin/

PERKENI. 2015. Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia 2015. Perkumpulan Endokrinologi Indonesia.

Rismayanthi, Cerika. 2010. Terapi Insulin sebagai Alternatif Pengobatan Bagi Penderita Diabetes. Medikora Vol VI No. 2, November 2010: 29-36

Samiadi, Lika Aprilia. 2018. Cara Menyuntikkan Insulin Sendiri di Rumah. Diakses di https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/cara-menyuntikan-insulin-sendiri-di-rumah/

Strachan M.W.J., Frier., B.M. 2013. Insulin Therapy A Pocket Guide. Springer London Heidelberg New York Dordrecht

 

Comments (0)

    There are no comments yet

Login Here